Minggu, 27 Agustus 2017

Referensi Kerajinan Bahan Lunak

Assalamualaikum Wr. Wb 
Terima kasih telah membuka Blog saya yang berisi tentang Kerajinan Bahan Lunak 
Langsung simak aja yah Guys !!! :) 


 Kerajinan Bahan Lunak

          Kerajinan  bahan lunak banyak dijumpai disekitar kita, banyak para pengrajin membuat berbagai macam karya kerajinan yang berbahan dasar bahan lunak , yang dapat dijual kepada masyarakat karena kerajinan bahan lunak bisa dikatakan memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan dapat dipasarkan diberbagai daerah,  berikut penjelasan mengenai kerajinan bahan lunak
§  Pengertian kerajinan Bahan Lunak
Kerajinan dari bahan lunak merupakan suatu produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pemmbuatan produk kerajinan, yaitu sebagai berikut :

Ø  Bahan Lunak Alami
Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan. Salah satu contoh dari bahan lunak alami diantaranya adalah tanah liat, serat alam, dan kulit.


Ø  Bahan Lunak Buatan
Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Banyak aneka ragam karya kerajinan dari bahan lunak buatan dapat di buat berdasarkan bahan yang digunakan. Bahan- bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons , dan sebagainya.


§  Aneka contoh Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari berbagai karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan berbagai karya kerajinan untuk sebagai hiasan saja. berikut contoh- contoh kerajinan bahan lunak :
1.  Kerajinan dari Tanah Liat
Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat tidak  asing lagi di dengar ,biasanya orang mengenal kerajinan dari tanah liat dikenal dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang cara pembuatannya melalui proses sedemikian rupa seperti dipijit, butsir, dipilin, pembakaran dan glasir. Sehingga menghasilkan suatau barang atau benda  pakai dan benda hias yang indah. Contoh kerajinan berbahan dasar tanah liat adalah gerabah, vas bunga, guci, dan piring.

2.  Kerajinan serat Alam
Kerajian yang berbahan serat alam dapat menghasilkan kerajianan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas,tempat pensil/pulpen, dompet, topi, alas meja, tempat lampu. Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam sebagian besar dibuat dengan cara menganyam.

3.  Kerajinan dari Kulit
Kerajinan dari kulit menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintesis. Contohnya seperti tas, sepatu, dompet, jaket, wayang. Kulit yang dapat digunakan adalah kulit hewan yaitu sapi, kambing, kerbau, buaya. Dan sebagainya.

4.   Kerajinan dari bahan lunak Gips
Gips adalah sebuah bahan mineral yang tidak bisa larut dengan air dalam waktu yang cukup lama jika sudah menjadi padat. Kandungan kimia  gips terdiri dari beberapa jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa zat mineral seperti borat,nitrat, karbonatdan sulfat yang bisa terlepas sehinggga membuat gips dalam proses pengerasan akan terasa panas.
Fungsi dari kerajinan  gips biasanya dapatberupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya .

5.  Kerajinan dari Lilin
Pembuatan kerajinan dari lilin cukup sederhana dan mudah, dan dapat dilakukan oleh semua orang, jika kita ingin mengubah bentuk menjadi benda kerajinan yang unik, kita hanya perlu melakukan pencairan dengan proses pemanasan di atas api.

6.  Kerajinan dari Sabun
Kerajinan dari sabun cukup unik, sabun dapat diolah dengan 2 cara yaitu yang pertama mengukir sabun, cara kedua yaitu membentuk sabun dengan cara memarut dan mencairkan.


               7. Bubur Kertas
                    Kerajinan dari bubur kertas ini dapat dibuat dari sisa-sisa kertas yang sudah                            tidak terpakai seperti kertas Koran dan tisu. Kertas yang sudah tidak terpakai di                 buat bubur dan dicampur kanji untuk memudahkan pembentukan menjadi kerajinan.

§  Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Fungsi dari kerajinan bahan lunak dibedakan menjadi dua yaitu, fungsi karya kerajinan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan sebagai benda hias.
a.    Karya kerajinan sebagai benda pakai :
Karya kerajinan sebagai benda pakai meliputi segala bentuk kerajinan yang digunakan untuk alat, wadah, busana.
b.    Karya kerajinan sebagai benda hias :
Karya kerajinan sebagai benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan atau hiasan.



Itulah tadi referensi mengenai Kerajinan bahan lunak,
mohon maaf jika ada kata atau penulisan yang salah atau kurang teratur
Semoga bermanfaat yah Guysss :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar